Biografi Pele Raja Sepak Bola

7-pele-sejarah

Bagi anak-anak muda zaman sekarang, sepak bola Brasil sangat luar biasa. Sudah hal biasa, karena kita tumbuh bersama dengan kesuksesan timnas Brasil di Piala Dunia tahun 1990’an.

Tetapi mitos berakta bahwa sepak boal Brasil dilahirkan jauh sebelumnya, di masa ketika sepak bola mulai menjadi wabah dunia da nada banyak orang mengaitkan penyebaran popularitas sepak bola ini pada tim Brasil di era tahun 50’an, sebuah tim yang dipimpin menuju sukses besar oleh salah satu sosok paling besar dalam olah raga ini, pemain sepak bola terkenal bernama Pele.

Lahir dengan nama Edison Arantes do Nascimento, Pele menapaki karir sepak bola dari sejak muda di keluarga miskin Brasil, menjadi salah satu sosok paling dicintai dalam sejarah sepak bola modern. Ayahnya  juga pesepak bola, membela Fluminense di liga Brasil dan sehingga tidak heran jika Pele mengikuti jejak ayahnya dalam pertandingan sepak bola.

Akan tetapi dia tidak selalu dikenal dengan nama Pele. Rumor mengatakan bahwa julukan itu diberikan kepadanya saat masih SD, ketika dia terus salah menyebutkan nama pemain favoritnya kala itu, penjaga gawang Vasco Da Gamma bernama Bile.

Teman sekolahnya memberi julukan baru dan selalu menertawainya, jadi jelas dia tidak menyukainya, sehingga pernah dia juga memukul teman kelasnya yang terus mengejekinya dengan julukan itu. Akan tetapi, saat itu, dia justru mulai terbiasa dengan nama Pele dan bahkan mulai menyukainya dan tidak butuh lama sampai semua orang mengetahui nama pemain ajaib ini dengan nama Pele.

Besar di tengah kemiskinan, dia tidak bisa membeli peralatan sepak bola, bahkan bola sepak sekali pun. Dia menyemir sepatu untuk mendapatkan penghasilan yang bisa membantu dia dan temannya mengumpulkan koran bekas yang kemudian digunakan sebagai bola sepak. Dia membentuk sebuah tim dengan tetangganya dari Sete de Setembro dan bahkan ikut serta dalam turnamen junior dengan Ameriquinha, Pele mencatatkan namanya sebagai penyerang tajam sejak muda, menjadi pencetak gol terbanyak di hampir semua turnamen ini.

Pivo